Dengan Sedikit Listrik, Anda Bisa Punya Sepotong Kekuatan Gundala

Welasan.id- Film Gundala yang sedang tayang di bioskop ramai diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia.

Film yang diadaptasi dari komik berjudul Gundala Putra Petir menceritakan cerita Sancaka yang mendapat kekuatan super sesudah tersambar petir. Dia juga menjadi superhero mempunyai nama Gundala.

Melihat keterampilan super Gundala, Anda barangkali merasa iri dan hendak punya kekuatan super. Namun, tidak boleh lantas sengaja menyetrumkan diri ke listrik atau berlari ke tengah lapangan ketika badai petir.


Seperti yang dikutip dari Gizmodo.com, 26 Juli 2019; tidak banyak stimulasi listrik pada otot ( electrical muscle stimulation atau EMS) ternyata dapat mempercepat gerak reflek insan sehingga serupa insan super.

Baca juga: Penggembala dan 19 Kerbau Tersambar Petir, Kenapa Halilintar Sangat Mematikan?

Rata-rata insan dapat bereaksi terhadap rangsangan visual selama seperempat detik. Jadim saat mata Anda menyaksikan nyamuk berdengung di dekat kepala, diperlukan waktu selama 250 milidetik guna lengan Anda bisa mulai bergerak.


Pasalnya, benak Anda menguras sebagian besar masa-masa itu, selama 200 milidetik, untuk dapat memproses apa yang dilihatnya, lalu menyimpulkan apa yang mesti dilaksanakan dan mengantarkan sinyal supaya tubuh bereaksi. Sementara 50 milidetik sisanya adalahwaktu yang diperlukan oleh otot manusia supaya bereaksi saat disuruh.

Kombinasi kedua proses itu mewakili masa-masa reaksi manusia, dan semua peneliti di University of Chicago dan lab riset Sony CSL di Tokyo, Jepang, sudah menemukan teknik yang belum sempurna untuk mencukur waktu reaksi mula tersebut.

Dalam sejumlah percobaan simpel yang dilakukan, seperti menciduk spidol yang jatuh, atau memotret objek berkecepatan tinggi gerakannya, yakni bola bisbol yang ditembakkan oleh mesin; semua peneliti memakai kombinasi sensor guna mendeteksi apa yang terjadi dan menghubungkan stimulator otot listrik guna mempercepat reaksi subjek.

Hasilnya, metode itu memang terbukti dapat meningkatkan kecepatan refleks subjek.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Dengan Sedikit Listrik, Anda Bisa Punya Sepotong Kekuatan Gundala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia