Penyakit Psoriasis, dari Penyebab, Gejala hingga Penanganannya

Welasan.id -  Psoriasis ialah penyakit kulit yang sehubungan dengan siklus hidup sel kulit yang baru diproduksi di lapisan kulit sangat bawah. Penderita penyakit ini merasakan kulit yang berak-bercak tebal dan bersisik sebab pergerakan sel kulit baru yang lebih cepat dari masa-masa normalnya.

Baca juga: Kelebihan Berat Badan Perburuk Penyakit Psoriasis

Dikutip dari kitab Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari, psoriasis adalahpenyakit yang bertahan dan bisa dilangsungkan lama. Psoriasis pun dapat terjadi secara tiba-tiba pada segala usia, meski tadinya berlangsung secara perlahan dan seringkali dimulai pada umur antara 15 sampai 35 tahun.


Penyebab

Penyebab terjadinya psoriasis dirangsang oleh sejumlah faktor berikut:

1. Infeksi sistemik laksana sakit tenggorokan
2. Respons sistem kekebalan tubuh terhadap sebuah penyakit
3. Cidera pada kulit
4. Stres
5. Gaya hidup tidak sehat.

Diagnosis

Diagnosis psoriasis seringkali didasarkan pada pengecekan fisik. Dokter barangkali perlu memungut sampel kulit (biopsi), untuk pengecekan mikroskopik dan meyakinkan tidak adanya gangguan beda atau infeksi jamur. Jenis-jenis psoriasis pun banyak, mulai dari yang enteng dan dilangsungkan singkat hingga yang berat dan kronis.

Gejala

Gejala penderita psoriasis ialah sebagai berikut:


1. Bercak merah dan kering pada kulit yang ditutupi sisik keperakan.
2. Bercak-bercak kecil bersisik (biasanya pada penderita berusia anak-anak).
3. Sendi yang membengkak dan kaku.

Pengobatan

Salah satu dalil sulitnya mengobati psoriasis ialah karena jenis yang paling banyak, derajat keparahannya, serta responsnya terhadap perawatan. Melihat urusan tersebut, dokter butuh merancang perawatan spesifik untuk masing-masing individu.

Di samping itu, inilah pengobatan dari penyakit psoriasis:

• Krim dan salep
Kalsipotrien ialah salep yang didapatkan dengan resep dokter, yang berisi vitamin D. Fungsinya ialah mengendalikan buatan sel kulit yang berlebihan. Obat ini lumayan efektif untuk permasalahan psoriasis ringan sampai sedang. Jika ada bercak-bercak psoriasis diperlukan lotion yang berisi sodium klorida (garam) guna meredakan psoriasis.
• Obat minum
Obat minum yang disarankan ialah Asitretin sebab dapat menolong mengurangi perkembangan kulit yang berlebihan pada permasalahan psoriasis berat. Penggunaan obat ini mesti dilaksanakan dengan paling berhati-hati, sebab dapat memunculkan efek samping peradangan pada mata dan bibir, rambut rontok, dan sensitif terhadap sinar matahari. Di samping itu, terdapat obat minum lainnya yakni methotrexate yang bisa menghambat perkembangan sel kulit pada psoriasis dan siklosporin, yang mengurangi sistem kekebalan tubuh.
• Fototerapi
Psoralen plus ultraviolet-A (PUVA), yakni kombinasi obat yang menyerahkan efek kepekaan terhadap cahaya (psoralen) dan dengan sinar ultraviolet A (UVA), lumayan efektif guna menghambat perkembangan sel kulit pada psoriasis berat. Penggunaan PUVA jangka panjang (lebih dari 250 kali) dapat menambah risiko penyakit kanker kulit tergolong melanoma, di antara kanker kulit yang mematikan.

Perawatan

Perlu dilaksanakan perawatan yang tepat guna menyembuhkan psoriasis atau mencegah supaya tidak kambuh. kita dapat mengerjakan pencegahan-pencegahan sebagai berikut:

• Ubah gaya hidup dengan pola makan, tidur, dan kegiatan rutin laksana olahraga
• Pertahankan berat badan yang sehat
• Jangan menggaruk, menggosok, atau mengelupas bercak psoriasis
• Mandi secara teratur masing-masing hari guna melunakkan sisik psoriasis
• Pertahankan kelembapan kulit dengan memakai lotion atau krim pelembab
• Gunakan sampo, sabun, atau pembersih yang berisi asam salisilat
• Gunakan tabir surya untuk mengayomi paparan sinar matahari
• Berikan krim kortison yang dipasarkan bebas di pasaran sejumlah minggu andai psoriasis termasuk parah.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Penyakit Psoriasis, dari Penyebab, Gejala hingga Penanganannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia