Kurangi Polusi dengan Tanaman Dalam Ruangan

Welasan.id - Walau sepanjang hari sedang di dalam ruangan, bukan berarti anda aman dari mencium polutan dan zat-zat kimia dalam udara yang kotor.

Saat ini memang tidak sedikit penyaring udara yang dipasarkan produsen elektronik, tetapi sebenarnya anda pun dapat mengurangi polusi udara dalam lokasi tinggal dengan merawat tanaman.

Beberapa jenis tumbuhan tidak hanya bermanfaat secara estetika, tapi pun mampu menyerap polusi udara, tergolong zat-zat yagn dikeluarkan oleh plastik, penghapus cat kuku, cat, atau asap rokok.

Kemampuan tanaman tersebut untuk meminimalisir polusi pun sudah diperlihatkan oleh ilmuwan di NASA tahun 1980-an.


Berikut ialah beberapa tanaman, yang bukan cuma estetis dipandang, tapi pun bermanfaat untuk kesehatan pernapasan.

Ilustrasi<b><font color='red'> tumbuhan </font></b>hias lidah mertua (Sansevieria trifasciata). Ilustrasi tumbuhan hias lidah mertua (Sansevieria trifasciata).

1. Tanaman lidah mertua
Anggota dari keluarga tumbuhan sukulen ini sangat gampang dirawat. Membutuhkan tidak banyak air, lidah mertua dapat bertahan di mana saja.

Selain dapat menyerap polutan, tumbuhan berdaun runcing dan keras ini pun akan menghasilkan tidak sedikit oksigen ketika malam hari.


2. Tanaman jade
Tanaman yang daunnya subur ini dapat ditanan di dalam atau luar ruangan, serta tak terlampau repot dalam perawatan. Yang penting ditaruh di lokasi yang mendapat lumayan sinar matahari.

Tanaman daun dolar atau ZZ plant.Shutterstock Tanaman daun dolar atau ZZ plant.
3. Daun dolar (ZZ Plant)
Ini tergolong dalam tumbuhan indoor kesayangan karena daun dolar ini dapat bertahan seminggu tanpa air dan masih dapat memproduksi daun.

Selain dapat membersihkan udara, tumbuhan ini juga diandalkan membawa aura yang baik ke dalam rumah sebab menyimbolkan kekayaan dan persahabatan.

4. Beringin karet
Termasuk dalam jenis tumbuhan ficus, beringin karet (rubber tree) memang menarik. Daunnya yang mengilap dan berukuran besar dapat menjadi dekorasi yang atraktif di rumah. Manfaat lainnya, ialah mampu menyaring formaldehyde di ruangan.

5. Peace lily
Tanaman dekoratif beda yang dapat menghalau polutan ialah Peace lily. Tanaman berbunga putih ini bukan hanya membuat hiasan lebih indah, tapi pun udara lebih segar.

6. Lili Paris
Tanaman tropis beda yang dapat kita pilih untuk dekorasi di ruang tamu atau ruang keluarga ialah lili paris. Selain gampang dirawat, tumbuhan ini pun terbuktif efektif menghilangkan zat-zat kimia di sekitar.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Kurangi Polusi dengan Tanaman Dalam Ruangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia