Penjelasan Ilmiah Mengapa Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Welasan.id - Dari sekian banyak perubahan yang dirasakan perempuan sesudah melahirkan, rambut yang rontok parah barangkali akan dirasakan semua ibu baru.

Sekitar 60 persen ibu akan merasakan kerontokan rambut sejumlah bulan sesudah persalinan. Rasa khawatir melihat helaian rambut yang rontok membuat tidak sedikit ibu bertanya, apakah rambut bakal kembali tumbuh normal?

Kabar baiknya, kerontokan rambut tersebut memang mempunyai sifat sementara.


Penyebab

Selama kehamilan, kadar estrogen dan progesteron melonjak tajam. Estrogen adalahhormon yang punya peran banyak, tergolong kulit dan kelenjar minyak, dan pun pola perkembangan rambut.


Ibu hamil seringkali menyadari evolusi pada kulit dan rambutnya. Kulit seringkali akan tampak lebih bercahaya dan rambut tumbuh cepat.

Folikel rambut manusia, yang memproduksi rambut, bekerja dalam pola pertumbuhan, tidur dan rontok. Siklus tersebut terus berulang seumur hidup.

Biasanya tiap folikel mengekor pola sendiri dan akan mengakibatkan kerontokan normal selama 50-100 helai masing-masing hari.

Baca juga: Benarkah Diet Ketat Bisa Menyebabkan Rambut Rontok?

Selama kehamilan, eskalasi hormon estrogen memicu rambut guna masuk ke dalam fase pertumbuhan, sampai-sampai rambut terasa lebih tebal dan jarang rontok.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Ilmiah Mengapa Rambut Rontok Setelah Melahirkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia