Serba-serbi Kolesterol, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Welasan.id - Kolesterol tidak jarang disalahartikan sebagai penyakit desakan darah tinggi. Padahal kolesterol dan desakan darah tinggi ialah dua urusan berbeda.

Kolesterol ialah sejenis lemak yang ada dalam aliran darah dan di semua sel tubuh. Kolesterol berperan urgen dalam tubuh karena berfungsi dalam pembentukan selaput sel, sejumlah hormon tertentu, dan jaringan lainnya yang diperlukan.

Namun, kadar kolesterol darah yang buruk merupakan hal utama penyakit jantung koroner, yang dapat mengarah pada serangan jantung.


Baca juga: 5 Mitos Soal Kolesterol yang Bikin Salah Paham, Jangan Keliru Lagi

Dikutip dari kitab "Mayo Clinic: Family Health Book" terbitan Intisari, kolesterol berasal dari dua sumber. Pertama ialah diproduksi secara alamiah dari dalam tubuh, khususnya dalam hati. Kedua ialah makanan-makanan hewani laksana daging ikan, ayam, sapi, produk susu, dan hasil laut. Ikan berisi kolesterol lebih tidak banyak daripada daging fauna lain.

Jenis lemak darah (lipid)

Ada tiga jenis lipid yang tedapat dalam tubuh kita:

1. Low-density Lipoprotein (LDL)

Kolesterol Low-density Lipoprotein (LDL) adalahpembawa kolesterol terbesar dalam darah. LDL membawa kolesterol ke tempat-tempat di semua tubuh baik guna ditimbun maupun untuk membetulkan membran sel.

Namun, kolesterol ini dinamakan kolesterol “jahat” sebab dapat memunculkan timbunan tebal (plak) yang menyumbat arteri sehingga merangsang penyakit jantung koroner.

2. High-density lipoprotein (HDL)

Kolesterol High-density Lipoprotein (HDL) ibarat pemulung atau kolesterol pembersih. HDL menolong menurunkan jumlah kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol jenis ini dapat Anda dapatkan dengan berolahraga teratur dan pelajaran kardiovaskular guna hasil yang lebih baik.

3. Trigliserida

Trigliserida ialah jenis lemak tubuh yang lain. Lemak ini beredar dalam darah dan menjadi sumber energi. Bila jumlah lemak ini berlebihan dalam darah maka dinamakan hipertrigliseridemi, yang dapat menambah risiko penyakit jantung koroner dan peradangan pada pankreas (pankreatitis).

Penyebab

Penyakit kolesterol tinggi umumnya diakibatkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak cukup berolahraga. Tetapi, terdapat orang-orang tertentu yang mempunyai kecenderungan genetik dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak normal.

Baca juga: Peneliti Ungkap Cara Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol LDL

 

Kolesterol tinggi juga dapat diakibatkan oleh kelainan herediter (turun temurun) langka yang dinamakan familial hypercholesterolemia (hiperkolestrolemia dalam keluarga). Hal ini mengakibatkan kadar kolesterol  yang demikian tinggi sampai-sampai penderita merasakan serangan jantung di umur anak-anak.

Mengukur Kadar Kolesterol

Deteksi dini adanya kolesterol atau trigliserida yang tinggi dapat menolong Anda mengambil tahapan untuk membetulkan kesehatan dan menangkal penyakit kardiovaskular. Cara satu-satunya untuk memahami kadar kolesterol dan trigliserida ialah melalui tes darah.

Baca juga: Habis Minum Obat Kolesterol dan Hipertensi, Bolehkah Makan Daging Sepuasnya?


 

Namun sayangnya, sampai saat ini kadar kolesterol dan trigliserida tidak mempunyai angka tentu untuk masing-masing penderitanya. Para dokter menganjurkan untuk mengolah gaya hidup menjadi lebih sehat dan meminimalisir makanan berlemak dalam piring santap Anda sehari-hari.

Menangani Kolesterol

Jika terdapat riwayat family dengan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi, serangan jantung atau stroke pada umur muda, maka kita berisiko tinggi terpapar aterosklerosis (penyempitan pembuluh arteri).

Keadaan ini tidak dapat diubah. Tetapi kita dapat mengekor langkah-langkah inilah untuk mengurangi penyakit kardiovaskular lainnya:

• Kurangi asupan lemak dan kolesterol. Membatasi jumlah lemak harian sejumlah 25 sampai 30 persen dari asupan kalori masing-masing hari. Di samping itu, batasi jumlah asupan kolesterol masing-masing hari sampai kurang dari 200 mg.
• Cobalah pengganti lemak. Buah-buahan dan sayuran tertentu (sterol tanaman) dapat membantu guna menurunkan kolesterol andai dikonsumsi sebagai unsur dari diet rendah lemak bosan dan kolesterol. Pada tahun 2000, Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat (USDA) mengamini pemakaian sterol tumbuhan untuk pencegahan penyakit jantung koroner.
• Mengonsumsi makanan berserat larut. Serat ini bisa menurunkan kadar kolesterol total. Makanan yang tergolong dalam kelompok ini ialah oatbran, oatmeal, kacang-kacangan, polong-polongan (beans), rice-bran, ragam jeruk, stroberi, dan apel.
• Mengonsumsi produk kedelai. Kedelai berisi isoflavon yang dapat menata kadar kolesterol dalam darah. Mengonsumsi protein ini bisa menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida.
• Mengurangi konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol dalam porsi sedang dapat menambah kadar kolesterol LDL. Di sisi lain, alkohol menambah kadar trigliserida dalam darah.
• Olahraga berkala. Aktivitas olahraga laksana jalan cepat, jogging, dan bersepeda bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
• Berhenti merokok. Merokok bisa merusak dinding pembuluh darah sampai-sampai mempermudah penumpukan kolesterol. Merokok pun menurunkan kadar kolesterol HDL.

Baca juga: Terungkap, Daging Putih Juga Tingkatkan Kolesterol Mirip Daging Merah

Obat-obatan guna Kolesterol

Jika evolusi gaya hidup tidak sukses menurunkan kadar kolesterol, khususnya kolesterol LDL, maka dokter akan menyerahkan obat. Sebelum menciptakan keputusan tersebut, dokter seringkali mempertimbangkan sekian banyak faktor laksana gaya hidup, usia, situasi kesehatan ketika ini, serta efek samping obat.

Berikut obat-obatan yang disarankan untuk penderita kolesterol tinggi:

1. Golongan Statin

Statin berperan dalam mensintetis kolesterol dalam tubuh dengan menutup suatu zat dalam hati yang dibutuhkan untuk menciptakan kolesterol. Akibatnya, kolesterol tidak terdapat dalam sel-sel hati, sampai-sampai mereka mesti memungut kolesterol dari dalam darah. Obat-obat yang tergolong dalam kelompok ini ialah fluvastatin, lovastatin, simvastatin, pravastatin, dan atorvastatin.

2. Sekuesteran Asam Empedu

Obat cholstyramine, colestipol, dan colesevelam menurunkan kolesterol dengan teknik mengikat asam empedu dalam usus, sampai-sampai hati mesti memproduksi lebih tidak sedikit asam empedu. Hati membutuhkan kolesterol guna menghasilkan asam empedu tersebut. Dengan meningkatnya keperluan akan asam empedu, dengan sendirinya keperluan hati bakal kolesterol pun meningkat.

3. Asam Nikoninat

Asam nikoninat (niacin) ialah salah satu vitamin B kompleks. Obat ini dominan pada trigriselida, kolesterol HDL, dan LDL. Harganya murah tetapi dapat mengakibatkan wajah terasa panas, berubahnya faedah hati, dan kecenderungan terjadinya diabetes dan gout.

4. Asam Fibrat

Gemfibrosil dan fenofibrat ialah obat-obatan yang tergolong dalam kelompok asam fibrat. Sama dengan asam nikoninat, asam fibrat berefek baik pada trigliserida, kolesterol HDL, dan LDL. Efek sampingnya ialah gangguan usus.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Serba-serbi Kolesterol, Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia