Rumput Laut Makassar Ditemukan Berpotensi Lawan Obesitas dan Kanker

Welasan.id- Rumput laut dari Makassar ditemukan mempunyai potensi sebagai anti-obesitas dan pun anti-kanker.

Hal ini diungkapkan melewati penelitian oleh Prof Dr Irwandi Jaswir dari International Islamic University Malaysia yang mengaku bahwa rumput laut berwarna cokelat dari lautan Makassar memiliki guna lebih dari sekadar bahan utama penciptaan makanan.

Irwan mendapatkan gagasan untuk mengerjakan penelitian tersebut sebab saat sedang di Jepang, dia menyaksikan begitu banyaknya penelitian atau penelitian, bahkan produk, rumput laut Wakame.


Perbincangan dengan seorang profesor di Jepang kemudian mengantarkan Irwan untuk mengerjakan penelitian terhadap rumput laut cokelat di wilayah tropis, seperti Sargassum binderiS. duplicatumS. plagyophyllumS. fulvellumPadina australis dan Turbinara tubinata.

Rupanya, rumput laut cokelat dari Makassar ditemukan berisi antioksidan fucoxanthinol yang berpotensi melawan obesitas dan kanker.


Baca juga: Omega-3 Berpotensi Kurangi Risiko Kanker Payudara pada Wanita Obesitas

Suplemen guna orang obesitas

Antioksidan fucoxanthinol ditemukan mempunyai pengaruh positif terhadap jaringan lemak.

"Saat kami kerjakan penelitian pada tikus, jaringan lemak pada tikus yang tidak diserahkan fucoxanthinol tersebut melebar, sementara lemak tikus yang diserahkan fucoxanthinol bakal mengecil. Melihat lebih ke molekuler, urusan itu dapat (ada kaitannya antara lemak dan fucoxanthinol)," kata Irwan saat didatangi Kompas.com dalam acara Anugerah LIPI Sarwono Award, Jakarta (22/8/2019).

Dia menuliskan bahwa pada ketika ini, rumput laut itu sudah tidak sedikit dijadikan suplemen. Penelitian yang dilaksanakan terhadap perempuan obesitas di Jepang pun menunjukkan hasil yang positif.

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Rumput Laut Makassar Ditemukan Berpotensi Lawan Obesitas dan Kanker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia