Viral Video Puluhan Hiu Menepi di Pantai Bali, Ini Kata Para Ahli

Welasan.id - Sekumpulan hiu jenis blacktip (Carcharhinus limbatus) tampak menepi ke bibir pantai Pulau Peninsula area Nusa Dua, Badung, Bali dalam sejumlah hari terakhir.

Beberapa akun di dunia maya juga mengunggah video tersebut, salah satunya akun instagram @denpasar. viral.

Peristiwa alamiah

Dalam perkabaran Kompas.com kemarin, Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Laut (BPSPL) Denpasar Suko Wardono, gejala ini ialah peristiwa alamiah dan tak butuh dikhawatirkan.

Suko menuturkan, hiu-hiu tersebut menepi sebab mengikuti mangsanya, mencakup ikan pelagis, tongkol, kembung, dan lemuru.


"Itu ceritanya dari empiris masyarakat nelayan memang sedang musim ikan yang dijadikan makanan hiu. Jadi hiu mendatanginya," kata Suko, ketika dihubungi Kompas.com Kamis (22/8/2019).

Sependapat dengan Suko, Ranny R. Yuneni dari Shark & Ray Conservation Officer WWF Indonesia pun menyampaikan bahwa eksistensi gerombolan hiu di ambang pantai diakibatkan oleh sejumlah hal.

"Hal ini dapat karena mereka (hiu) menghindari predator atau mereka menggali perairan dangkal untuk mencungkil hiu anakan. Atau mungkin pun karena tersedianya pakan yang membludak di musim tertentu," ujar Ranny untuk Kompas.com.

Meski hiu mendekati pantai dengan dalil khusus, Suko tetap memperingatkan supaya masyarakat maupun turis tidak mendekati mereka menilik hiu tetaplah hewan liar yang dapat saja menjadi buas.

"Jangan terlampau didekati. Ikan hiu kan buas. Kalau terdapat yang besar pasti membahayakan. Karena semakin besar semakin buas," kata dia.

Mengenal hiu blacktip

Hiu blacktip (Carcharhinus limbatus) Hiu blacktip (Carcharhinus limbatus)

Sumber : KOMPAS

Belum ada Komentar untuk "Viral Video Puluhan Hiu Menepi di Pantai Bali, Ini Kata Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Hosting Unlimited Indonesia

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Hosting Unlimited Indonesia